Karya anak bangsa; 3 Patung Paling Tinggi di Indonesia




Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Mungkin patung tinggi yang paling banyak dikenal di dunia adalah patung liberty. Indonesia sebagai negara yang penuh peradaban dan budaya juga kaya akan patung-patung yang indah dan unik dari kecil sampai besar ataupun tinggi. Tahukah Anda patung-patung tinggi yang ada di Indonesia? Berikut ini adalah 3 patung tertingi di Indonesia.

1. Garuda Wisnu Kencana 

 http://3.bp.blogspot.com/-DvdVrW6ElgM/T3pxWWF9y-I/AAAAAAAAAVk/Eru6XnMVefc/s1600/gwk%2B3.jpg
 

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe

http://1.bp.blogspot.com/-uiDQEFTEirg/T1noFOj0BNI/AAAAAAAAAEA/zNtCMpwb9Lo/s1600/Jalesveva+Jayamahe.jpg 

 Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) merupakan suatu bukti hasil karya besar dan sangat mengagumkan karya anak bangsa. Suatu pewarisan nilai sejarah yang tinggi, sebagai cerminan kebesaran bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari. Kata Jalesveva Jayamahe itu sendiri merupakan semboyan dari TNI-AL yang memilki arti di laut kita jaya.

Monumen ini berbentuk patung setinggi 30,6 meter yang ditopang oleh Gedung setinggi 30 meter sehingga Kketinggian keseluruhan monumen ini adalah 60,6 meter.


Patung ini menggambarkan seorang Perwira TNI Angkatan Laut lengkap dengan pedang kehormatannya berdiri tegak menatap ke arah laut dengan penuh keyakinan dan kesungguhan siap menerjang ombak dan menempuh badai menuju arah yang telah ditunjukkan yaitu cita-cita bangsa Indonesia. Pendirian monumen ini diharapkan dapat menambah semaraknya Ujung Surabaya yang berarti ikut menambah indahnya Surabaya sebagai kota Pahlawan dan Indarmadi (lndustri, Perdagangan, Maritim dan Pendidikan).

3. Patung Yesus memberkati Manado

 http://beritamanado.com/wp-content/uploads/2010/03/Monumen-Yesus-Memberkati2.jpg
 

Patung Yesus Memberkati merupakan patung Yesus tertinggi di kawasan Asia sampai Eropa dan tertinggi kedua di dunia setelah “Christ the Redeemer Statue” (Patung Kristus Penebus di Brazil). Patung ini memiliki tinggi 30 meter dan 20 meter untuk penopang. Patung ini terletak di kota Manado, Sulawesi Utara dan menjadi ikon terbaru kota Manado.

Monumen ini terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja dan terletak pada bukit tertinggi di daerah perumahan Citraland Manado. Ide pembuatan monumen ini berasal dari Ir. Ciputra, seorang pengusaha kawakan di bidang properti di Indonesia. Monumen ini menghabiskan biaya sebesar kurang lebih Rp. 5 miliar. Posisi patung menghadap langsung ke kota Manado dan pantai Manado dengan kemiringan 20 derajat. Dibawah patung ini terdapat empat patung kecil yang digambarkan sebagai malaikat penjaga.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://forum.viva.co.id/sosial-dan-budaya/910282-3-patung-paling-tinggi-di-indonesia.html




jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait

CoverSuper

KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com