Inilah Rahasia Tya Subiakto Pangkas Bobot 27 Kg dalam 8 Bulan


Pasang Iklan Di sini

Siapa tidak kenal dengan penata musik yang satu ini? Tya Subiakto Satrio (34), berhasil menurunkan berat badan sebanyak 27 kg dalam waktu 8 bulan. Banyak yang menanyakan diet seperti apa yang ia jalani. Secara eksklusif, Tya berbagi rahasia dietnya kepada detikHealth.

"Saya sudah pernah mencoba berbagai macam usaha untuk menurunkan berat badan, mulai dari susu diet, pil, sampai akupunktur. Namun tidak berhasil. Sekalipun berat badan saya turun, nantinya akan naik kembali," ungkap Tya kepada detikHealth saat ditemui di studionya, Jl Damai Musyawarah, Cilandak, Jakarta, dan ditulis pada Jumat (10/5/2013).

Pada bulan September 2012, Tya mengalami nyeri dan kesulitan untuk berdiri saat sedang meeting. Alhasil, Tya memutuskan untuk memeriksakan kesehatannya ke dokter. Saat itu bobot Tya mencapai angka 92 kg, terlalu berat untuk dirinya yang memiliki tinggi badan 165 cm.

Berbagai pemeriksaan pun Tya jalani, mulai dari USG, tes urine, hingga rontgen. Berdasarkan hasil USG, ditemukan bahwa ia mengidap fatty liver. Fatty liver adalah keadaan di mana liver (hati) terbungkus lemak. Keadaan ini muncul sebagai salah satu akibat dari kelebihan berat badan. Walaupun demikian, dokternya tidak memberikan obat dan hanya menyarankan Tya untuk berhenti mengonsumsi gorengan dan makanan bersantan.

Tya pun kemudian bertekad untuk mulai mengatur pola makannya dan menghindari semua jenis makanan gorengan serta bersantan. Ia juga menghindari konsumsi gula terlalu banyak karena terdapat diabetes dalam riwayat keluarganya. Usaha Tya menerapkan pola makan ini pun mendapat dukungan penuh dari suaminya, Candy Satrio (43).

"Sejak saat itu, saya hanya mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, atau kadang-kadang dibakar," ujar Tya.

Berikut pola makan sehari-hari yang diterapkan oleh Tya:

Bangun Tidur
1. Perasan air jeruk lemon 1 buah
2. Air putih 3 gelas
3. Teh hijau ditambahkan dengan kayu manis dan daun mint secukupnya

Sarapan
1. Jus pepaya
2. Jus wortel
3. Jus apel
4. Jus tomat
5. Jus nanas + jeruk nipis
Kemudian minum air putih 1 jam setelah minum jus

Makan Siang
Makanan untuk makan siang diolah dengan cara direbus atau dikukus, yaitu:
1. Sayur hijau
2. Jamur
3. Kentang kecil
4. Daging ayam tanpa kulit/daging ikan
5. Selada mentah (bila terbiasa makan mentah)
6. Tahu

Makan Malam
1. Jus pepaya
2. Jus wortel
3. Jus tomat
4. Jus apel
Bila masih lapar, jus pepaya dapat diulang

Selain konsisten menerapkan pola makan tersebut, Tya juga rutin treadmill 5 kali seminggu, yoga 1 kali seminggu, dan jalan kaki setiap pagi. Hasilnya, saat ini bobot Tya sudah turun hingga mencapai angka 65 kg.

Dengan menerapkan pola makan ini pula, keluhan nyeri saat berdiri dan sesak di dada bagian kiri yang sebelumnya Tya alami saat ini sudah berkurang.

Untuk mencapai target berat badannya yaitu 55 kg, Tya mulai membiasakan diri menjadi vegetarian. Tya hanya mengonsumsi produk nabati seperti sayuran dan buah, tanpa mengonsumsi produk hewani, termasuk susu dan telur.

"Tidak ada program khusus. Menurut saya mengatur pola makan dengan benar dan teratur sudah memberi efek yang besar. Saya akan tetap menerapkan pola makan seperti ini karena selain menurunkan berat badan, saya juga merasa lebih sehat," lanjut Tya.
Before
After


sumber | wowunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/10/082813/2242199/1419/ini-dia-rahasia-tya-subiakto-pangkas-bobot-27-kg-dalam-8-bulan?l992205755




jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait



KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com