Mobil Lokal Yang Tak Kalah Galak!



Mobil Indonesia tak kalah "sakti" ketimbang mobil Jepang

Sampai saat ini Jepang masih dianggap lebih sakti ketimbang Indonesia soal urusan memproduksi mobil, negara matahari terbit ini dianggap sukses mengekspor mobil2 mereka ke pasaran luar negeri.

Tapi jangan salah, negara kita tak kalah dari Jepang soal memproduksi mobil. berikut ini beberapa mobil2 lokal yang tak kalah dari mobil Jepang.

1977

Morina


Mengikuti jejak Toyota, PT Garmak Motor memproduksi mobilbak merek Morina dengan mesin Vauxhall. Hebatnya, komponen mobil ini sudah 40 persen lokal.

1993

MR90


Mazda Indonesia meluncurkan produk MR90 (Mister Ninety) sebenarnya singkatan dari mobil rakyat tahun 90an. mobil ini sempat laris manis,karena harganya relatif miring dan komponen lokalnya bisa mencapa 60 persen.

1995-1996

KIA Sephia (Timor S515)


Salah satu mobil hasil Program Mobil Nasional yang diimport oleh PT Timor Putra Nasional dari PT KIA, namun program tersebut gagal karena masalah yang terjadi pada saat itu.

Hyundai Cakra dan Hyundai Nenggala




PT Bimantara menggandeng Hyundai untuk proyek mobil Nasional. mereka memasukkan mobil Hyundai Accent untuk disulap menjadi Hyundai Cakra dan Hyundai Nanggala.

Maleo


PT IPTN mencoba memproduksi mobil nasional dengan nama Maleo dengan model sedan, namun sayangnya mobil ini tidak sampai pasaran.

MPV Beta 97


Grup Bakrie menggandeng perusahaan desain asal Inggris dan membuat prototype MPV Beta 97, namun mobil ini juga tak sampai ke pasaran.

2000-an

Kancil


PT Kancil memproduksi mobil Kancil menggantikan bajaj dan bemo.

Gang Car


Karyawan PT DI mengembangkan mobil kecil yang diberi nama Gang Car

Arina


Mahasiswa UNES Semarang mengembangkan mobil kecil yang diberi nama Arina

Tawon


PT Gasindo mulai memproduksi mobil kecil Tawon

GEA


BPPT dan PT INKA merakit mobil kecil yang diberi nama GEA

Mobil Listrik Marlip


LIPI juga mengembangkan proyek mobil listrik Marlip

Esemka


Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van.


Kita harus bangga nih gan dengan mobil2 produksi asli Indonesia. semoga kedepannya negara kita bisa lebih maju dalam memproduksi mobil2 lainnya




sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014918986/mobil-lokal-yang-tak-kalah-galak/




jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait

CoverSuper

KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com